Rabu, 18 November 2009

SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA

A. POTENSI SUMBER DAYA ALAM

Sumber daya alam adalah segala sumber kekayaan alam yang memiliki potensi dan kemungkinan memberikan kesejahteraan dengan berbagai bentuk kemudahan bagi kebutuhan dan kelangsungan hidup manusia.

Sumber daya alam dapat dibedakan menurut sifatnya, yaitu sumber daya alam fisik berupa tanah, air, dan udara serta sumber daya alam biotik berupa pertanian, perkebunan, hutan, dan peternakan.

Menurut Isard ( 1972 ) dalam Soerinegara ( 1977 , apabila dilihat dari kemungkinan pemulihannya dan kemungkinan pengolahannya, sumber daya alam dapat dibagi menjadi tiga golongan, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbaharui, sumber daya alam tidak dapat diperbaharui, dan sumber daya alam yang selalu tersedia.

1. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui

Sumber daya alam yang tidak dapat dipulihkan ( nonrenewable ) merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dan umumnya tidak dapat diciptakan atau direkayasa manusia dalam proses pembentukannya. Jenisnya berupa sumber daya alam abiotik, misalnya, minyak bumi, batu bara, mineral, dan bahan tambang yang terkandung di dalam bumi.

2. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui

Sumber daya alam yang dapat dipulihkan ( renewable ) merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui yang jika telah dipakai masih dapat diusahakan kembali untuk menghasilkan sumber daya alam yang baru. Misalnya sumber daya alam nabati dan hewan-hewan ternak atau sumber daya alam hewani.

3. Sumber daya alam yang tidak akan habis

Sumber daya alam yang tidak akan habis berupa benda mati yang selalu tersedia, jumlahnya melimpah dan digunakan oleh seluruh makhluk hidup, biasanya merupakan faktor penting untuk kelangsungan hidup organisme. Jenis sumber daya alam yang selalu tersedia antara lain udara dan sinar matahari. Udara selain dibutuhkan untuk bernafas juga dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga angin dan penghantar gelombang radio untuk telekomunikasi. Sinar matahari merupaka energi bagi kehidupan. Sinar matahari juga dapat diubah menjadi tenaga listrik dengan menggunakan sel matahari dalam sebuah pusat pembangkit tenaga surya.
Sumber:Aribowo,yoga.2007.geografi sma/ma.ganeca exact:jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar