Jumat, 13 November 2009

Hakikat Geografi

Setiap bidang ilmu pengetahuan ada yang diberi definisi secara rinci, tetapi ada juga yang tidak didefinisikan dengan rinci. apa definisi geografi?
Berkaitan dengan kemajuan ilmu pengetahuan geografi juga mengalami perkembangan. Ekblaw dan Mulkerne mengemukakan bahwa geografi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari bumi dan kehidupan yang ada di permukaan bumi.

A. Konsep Geografi

Sebelum memahami konsep geografi, terlebih dahulu kita pahami pengertian geografi. orang yang paertama kali memunculkan istilah geografi adalah seorang ilmuwan Yunani kuno yang bernama Eratosthenes ( 276-196 SM ), dengan menggunakan istilah geographika. "Geo" berarti bumi (earth), graphika (graphein) berarti tulisan atau lukisan. jadi secara harfiah, geografi adalah ilmu yang menggambarkan atau melukiskan tentang bumi.
Bumi yang dimaksud adalah bumi dan penghuninya. Oleh karena itu, studi geografi berarti mempelajari gejala-gejala di permukaan bumi secara keseluruhan. gejala-gejala tersebut, meliputi aspek fisik (alam) dan aspek sosialnya, dengan memperhatikan interaksi, interelasi, dan integrasi keruangannya. di Indonesia para pakar geografi telah sepakat memberikan batasan pengertian geografi sebagai ilmu yang mempelajari fenomena geosfer dengan sudut pandang kelingkungan, kewilayahan dalam konteks keruangan.
10 konsep dasar geografi, yaitu sebagai berikut :
a. konsep lokasi
b. konsep keterjangkauan
c. konsep jarak
d. konsep pola
e. konsep geomorfologi
f. konsep aglomerasi
g. konsep perbedaan waktu
h. konsep nilai kegunaan
i. konsep interaksi dan interdependensi
j. konsep keterkaitan waktu

B. Pendekatan Geografi

Pendekatan geografi berkaitan secara langsung dengan objek yang dikaji dalam geografi. apakah objek studi geografi? jika kita memperhatikan pengertian geografi dan ruang lingkupnya, maka kita dapat mengetahui objek studi geografi yang secara umum dibedakan menjadi objek material dan formal.
1. Objek material
Semua benda, baik benda hidup maupun benda mati, termasuk manusia yang ada di bumi merupakan penghuni bumi. Semua benda hidup,benda mati, dan manusia yang ada di bumi serta lingkungannya objek material yang disebut geosfer. geosfer terdiri dari litosfer, hidrosfer, atmosfer, biosfer, dan antroposfer.
2. Objek Formal
objek formal studi geografi berhubungan dengan pendekatan atau cara menganalisis berbagai objek formal tersebut. Geografi menggunakan analisis keruangan, ekologi, dan kewilayahan. Objek formal inilah yang membedakan geografi dengan ilmu lainnya.
a. Analisis keruangan
b. Analisis Ekologi
c. Analisis kewilayahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar